Perpustakaan Desa Jayaputra

JAYAPUTRA (02/10/2018) – Tak hanya masyarakat sekitar wilayah Desa Jayaputra, Perangkat Desa pun mulai aktif dalam hal kegiatan membaca. Menteri Desa mengungkapkan, pengembangkan perpustakaan desa sangatlah penting untuk didorong  karena perpustakaan adalah pusatnya literasi yang bisa mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia di desa.

Buku-buku mengenai life skill sangat strategis menjadi bahan bacaan warga desa karena memberikan pengetahuanmengenai keahlian-keahlian yang bisa mereka kembangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, buku mengenai teknik beternak lele, ayam petelur dan budidaya berbagai tanaman produktif lainnya.Perpustakaan desa juga bisa menjadi tempat diskusi warga desa mengenai berbagai wacana yang mereka dapatkan dari buku-buku yang mereka baca.

Sementara itu Kepala Perpustakaan Nasional RI Mohammad Syarif Bando menyatakan, tujuan utama MoU ni adalah untuk membangun sinergi dengan Kemendes PDTT. Perpustakaan nasional juga siap mengakomodir kebutuhan bacaan

yang cocok dan dibutuhkan masyarakat pedesaan. Terutama buku-buku yang bisa meningkatkan kapasitas pengetahuan masyarakat, peningkatan ketrampilan dasar dan sebagainya.

Perpustakaan nasional juga siap melakukan kajian mengenai bagaimana cara membangkitkan minat baca pada masyarakat pedesaan.

“ Kami akan pertemukan antara Kemendes dengan para penerbit dan penulis dan membahas bagaimana mekanisme untuk membawa berbagai konten itu sampai ke desa,” kata Syarif Bando.

Lalu, Kemendes tinggal menyiapkan infrastruktur nya di desa sedangkan buku dan kontennya bisa diakses dari Perpusnas. ( Rizki Restu Fauzi )

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan