Mencoba Budidaya Ikan

JAYAPUTRA (03/10/2018) – Gurame merupakan jenis ikan konsumsi air tawar, bentuk badan pipih lebar, bagian punggung berwarna merahsawo dan bagian perut berwarnakekuning-kuningan/ keperak-perakan. Ikan gurame merupakan keluarga Anabantidae, keturunan Helostoma dan bangsa Labyrinthici. Ikan gurami berasal dari perairan daerah Sunda (Jawa Barat, Indonesia), dan menyebar ke Malaysia, Thailands, Ceylon dan Australia. Pertumbuhan ikan gurame agak lambat dibanding ikan air tawar jenis lain. Di Indonesia, orang Jawa menyebutnya gurami, Gurameh, orang Sumatra ikan kalau, kala, kalui, sedangkan di Kalimantan disebut Kalui. Orang Inggris menyebutnya “Giant Gouramy”, karena ukurannya yang besar sampai mencapai berat 5 kg.

Adapun Biaya yang dihabiskan Budidaya Ikan gurame yang dirintis DADANG PAKIH (40) Berawal pada September 2018 bulan lalu dengan modal usaha sebesar Rp.3,000.000-, Untuk Pembelian  bibit ikan serta pakannya.

Saat itu harga jual ikan gurame sudah mencapaiRp.60.000/Kg. dan pasar komoditi ikan gurame bisa di bilang relatif stabil, meski persediaan bibit melimpah.

“saat ini saya sedang mencoba budidaya ikan gurame dengan modal seadanya dulu, 

              Dadang Pakih Sedang melakukan pemantauan benih

ya insya allah kedepan nya ingin membuat kolam yang lebih besar lagi. Ya ini mah manfaatkeun lahan we anu aya di desa daripada garing.” Ungkapnya

Selain ikan gurame Beliau juga melakukan budidaya bibit ikan mas koi yang merupakan ikan yang khas dari Negara jepang dan masih dalam tahap percobaan.

( Rizki Restu Fauzi )

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan