PENGEMBANGAN UMKM TAS HANDICRAFT

JAYAPUTRA (13/10/2018) – Adalah bapak Ucin dan Ibu entin, salah satu keluarga yang berdomisili di kampung Cibatu Rt/Rw 03/02 Desa Jayaputra Kec.Sariwangi. Mereka berdua masih tetap konsisten merintis usahanya  sebagai pengrajin berbagai macam kerajinan dan aneka aksesoris lainnya.

Kurang lebih 10 tahun mereka berdua dengan dibantu dengan kedua anak dan dua orang karyawan yang masih tetap konsisten menggeluti usahanya.Adapun system marketing yang mereka pakai masih bersifat konvensional, dalam arti masih memasarkan secara door to door karena keterbatasan modal sehingga sampai saat ini belum bisa memeliki toko/gerai sendiri.

Dalam sehari home industry ini bisa memproduksi sekitar 50 Pcs produk berbeda, termasuk tas dan aksesoris lainnya.Untuk bahan baku mereka membeli langsung dari distributor ternama yang berada masih dalam satu kabupaten. Bahkan jika pesanan melimpah, bahan baku oleh supplier bisa di antar ke tempat.

Dalam satu bulan home industry ini dapat menghasilkan keuntungan hingga jutaan rupiah yangyang masih tergolong rendah karena terkendala masalah pemasaran yang masih bersifat konvensional.

Jika home industri ini diberikan pelatihan bagaimana cara memasarkan produk yang lebih efektif dan efisien serta di tambah permodalan yang menjadi poneer dalam pengembangan kreatifitas unuk membangun ekonomi warga yang lebih dinamis, dan yang lebih utama adalah bisa membuka lapangan pekerjaan untuk warga sekitar.

Gambar 1 PaciKing Produk & aksesoris

Hal ini dapat terwujud jika adanya pihak terkait yang memberikan pelayanan pelatihan kewirausahaan dengan diadakannya seminar atau lokakarya kepada pengembangan usaha UMKM Para wirausahawan yang sedang dalam proses perintisan usahanya.

Dengan semakin kompetitif nya produk sejenis di pasaran, diharapkan dengan intensnya pelayanan pelatihan di tunjang dengan permasalahan yang memadai, maka home industry ini masih bisa tetap kompetitif dengan menawarkan model model yang fashionable bagi konsumen

( Arif Rahman Hakim )

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan