Memperingati Hari Santri nasional dengan Kegiatan Ngaliwet Bareng

JAYAPUTRA (20/10/2018) – Dalam rangka memperingati hari santri nasional pada tanggal 22 Oktober 2018 nanti pemerintah kabupaten tasikmalaya mengadakan sebuah acara yang mana mengajak seluruh instansi pemerintahan khususnya semua perangkat desa se kabupaten tasikmalaya untuk mengikuti acara “Ngaliwet Bareng” guna menjalin silaturahmi dan kebersamaan antar desa se kabupaten tasikmalaya.

Berlokasi di Area pusat pemerintahan kabupaten tasikmalaya, bojong koneng. Ratusan perangkat desa dari seluruh kecamatan berkumpul dalam satu acara yang bertajuk “Ngaliwet Bareng”.

Tak hanya itu, acara ini tidak sekadar berkumpul dan ngaliwet, tapi juga dikompetisikan. Tujuannya, selain mengedepankan ukhuwah Islamiyah juga berhasil mendapatkan penghargaan dan rekor MURI.

Tak hanya dihadiri oleh jajaran pimpinan Pemda Kab. Tasikmalaya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tasikmalaya dalam acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari MUI, NU, FKDT (Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah), FPP (Forum Pondok Pesantren) dan lain-lain termasuk perwakilan dari banyak pondok pesantren di antaranya PP Cipasung PP Suryalaya dan PP Darussalam cabang PP Gontor.

Acara seperti ini menjadi penting untuk dilakukan, tidak hanya mengingatkan kita akan pentingnya santri dalam menjaga negeri ini namun juga pentingnya melestarikan tradisi budaya Nusantara di tengah gencarnya budaya milenial saat ini.

Para perangkat desa dengan gegap gempita melaksanakan salah satu ciri khas kegiatan santri yakni Ngaliwet.
dimana Tiap tiap instansi pemerintah/desa menyediakan 5 katrol yang di masak di tempat dan setiap desa menyerahkan 1/2 katrol untuk dilakukan penilaian oleh para tim penilai.

(Rizki Restu Fauzi)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan