Launching Dana Desa Tahap III

JAYAPUTRA (06/11/2018) -Dalam UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA, dijelaskan tentang Alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara bersumber dari Belanja Pusat dengan mengefektifkan program yang berbasis Desa secara merata dan berkeadilan. Alokasi Anggaran tersebut sering disebut dengan Dana Desa. Dana Desa dialokasikan oleh pemerintah pusat melalui mekanisme transfer kepada Pemerintah Kabupaten/Kota. Selanjutnya Pemerintah Kabupaten/Kota menyalurkan  Dana Desa melalui Rekening Kas Desa (RKD) kepada Pemerintahan Desa melalui mekanisme yang sama yaitu sistem transfer.

Definisi Dana Desa tertuang dalam PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 60 TAHUN 2014 SEBAGAIMANA TELAH DIUBAH DENGAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 22 TAHUN 2015 DAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 8 TAHUN 2016 TENTANG DANA DESA YANG BERSUMBER DARI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA NEGARA. Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa dan Desa Adat yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja  Daerah  Kabupaten/Kota  dan  digunakan  untuk  membiayai  penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan kemasyarakatan. Setelah Dana Desa masuk ke Rekening Kas Desa (RKD) selanjutnya Pemerintah Desa merealisasikan-nya sesuai dengan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa. RKD sendiri, adalah rekening tempat menyimpan uang Pemerintahan Desa yang menampung seluruh penerimaan Desa dan untuk membayar seluruh pengeluaran Desa pada bank yang ditetapkan.

segenap Pemerintahan Desa Jayaputra berserta para tokoh masyarakat serta dihadiri oleh Muspika Kec Sariwangi telah dilaksanakan musyawarah penetapan anggota BPD dari hasil penjaringan dari tiap dusunnya sesuai dengan aturan yang di tetapkan untuk priode 2019/2024.
Selain itu, juga dilaksanakan launcing realisasi Dana Desa tahap 3 untuk tahun anggaran 2018, yang mana dengan diadakan nya acara musyawarah ini diharpakan seluruh elemen masyarakat dengan diwakili tokoh masyarakat diharapkan pada proses pelaksanaanya dapat dipertanggung jawab kan dan bisa terlealisasi dengan lancar sesuai dengan aspirasi warga.
Adapun titik pengerjaan untuk tahap 3 ini berada di wilayah dusun 2 (cibatu) dan dusun 3(cibatu urug) dengan rincian sebagai berikut :
1. Lanjutan Rumah Sehat dusun 2 nominal Rp. 8.545.000
2. Rumah sehat dusun 3 dengan nominal Rp. 15.000.000
3.Bendungan belakang rumah Pak Iyang dengan nominal Rp. 50.751.200
4.Saluran Cisadane Rp. 137.888.800
5. Jembatan Cingemplad Rp. 96.994.200

Jadi Total nominal dana desa tahap 3 adalah sebesar Rp. 309.179.200

Launching Dana Desa Jayaputra

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan