Pencoklitan Terbatas


JAYAPUTRA (06/11/2018) Saat ini, PPS dan PPK sedang melakukan pencoklitan terbatas. Sesuai tahapan, proses penyusunan dan rekapitulasi DPTHP-2 tingkat PPS mulai 29 Oktober s.d 3 November. Sementara di tingkat PPK, telah dimulai tanggal 1 s.d 6 November. Hasil pleno di tinggat PPK kembali akan divalidasi KPUD. Tahapan penyusunannya DPTHP-2 akan dilaksanakan tanggal 9-11 November. “Sebelum ditetapkan, hasil validasi data pemilih ini akan dipleno secara berjenjang. Dimulai di tingkat PPS, PPK hingga ke KPU. Jadi, kita tunggu saja prosesnya. Yang pastinya, ada kemungkinan DPTHP lalu mengalami perubahan,” ujarnya. Setelah tahapan ini, pihaknya akan mengadakan Rakor singkronisasi data bersama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan partai politik terkait data-data tersebut.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih melakukan penyempurnaan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019. KPU akan melalukan penelitian dan pencocokan (coklit) terbatas.
Komisioner KPU Viryan mengatakan, berdasarkan pencermatan KPU dan pihak terkait, dari 31 juta data temuan Dukcapil, 3,9 juta di antaranya tidak ada dalam daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4). Selain itu, terdapat 3 juta data yang ternyata sudah ada dalam DPT. 2 juta data lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) sebagai pemilih.
Khusus di wilayah PPS Desa Jayaputra saat ini sedang tahapan kegiatan Coklit Terbatas tersebut dengan proses langsung Door to Door guna pengakuratan Data Pemilih.

“Coklit terbatas untuk memastikan apakah data tersebut pemilihnya ada atau tidak. Masih ada atau tidak, benar atau tidak, namanya elemen data dan segala macam,” tutur Dadang Pakih selaku Ketua PPS Desa Jayaputra
Adapun Tahapan Coklit Terbatas Surat Edaran nomor 1351/PL.02.1-SD/01/KPU/XI /2018 tanggal 1 Nopember 2018 dalam rangka Penyelesaian Tindak Lanjut Data Non DPT dan Coklit Terbatas dengan Jadwal Penyusunan dan Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Pencermatan 2 sebagai berikut :
1. Penyusunan dan Rekapitulasi di Tingkat PPS dan PPK pada Tanggal 9 Nopember 2018.
2. Hari Sabtu Tanggal 10 Nopember KPU Kabupaten Tasikmalaya akan mengadakan Rapat Koordinasi dengan Bawaslu, Partai Politik dan Disdukcapil.
3. Hari Senin tanggal 12 Nopember 2018 Pleno ditingkat KPU Kabupaten Tasikmalaya

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan