Pandu Desa Hastawangi ke Desa Mandalamekar (lagi)?

                                 Keberangkatan Pandu Desa Hastawangi. (dok : Rizki Restu Fauzi)
Repost Sariwangi (09/11/2018). Tanggal 05 November 2018 pukul 07.00 WIB, Pandu Desa Hastawangi Kecamatan Sariwangi bertolak menuju Desa Mandalamekar. Kenapa Pandu Desa Hastawangi Kecamatan Sariwangi kembali ke Desa Mandalamekar? Tujuannya adalah untuk melaksanakan Bimbingan Teknik Pengelolaan Sistem Informasi Desa Tahap II (kedua) se-Kabupaten Tasikmalaya. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 05 sampai dengan 07 November 2018.

Bimbingan Teknik Pengelolaan Sistem Informasi Desa se-Kabupaten Tasikmalaya yang dilaksanakan untuk kali kedua untuk Pandu Desa Hastawangi Kecamatan Sariwangi.  Sebelumnya Bimbingan Teknik Pengelolaan Sistem Informasi Desa Tahap I (pertama) se-Kabupaten Tasikmalaya telah dilaksanakan pada tanggal 24 sampai dengan 29 September 2018 yang dilaksanakan di tempat yang sama. Materi yang didapat untuk para Pandu Desa saat itu tentang Internet Sehat, Jurnalisme Desa, Website Desa dan Pemetaan Tahap I (pertama) se-Kabupaten Tasikmalaya. Kegiatan tersebut prakarsa BP2DK (Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan).

Kepala Desa Jayaputra sekaligus Ketua APDESI Kecamatan Sariwangi, Bapak Wawan Sutisna (dok : Rizki Restu Fauzi)

Dengan menggunakan 4 (empat) Kendaraan Dinas Operasional Desa Pandu Desa Hastawangi bertolak  menuju tempat dimana Bimbingan Teknik dilaksanakan. Pandu Desa Hastawangi Kecamatan Sariwangi terdiri dari 16 (enam belas) orang Pandu Desa yang berasal dari Desa SariwangiSelawangiSirnasariJayaputraJayaratuLinggasirnaSukaharjadan Sukamulih. 1 (satu) dari 4 (empat)

Kendaraan Dinas Operasional Desa yang digunakan Pandu Desa Hastawangi menuju lokasi Bimbingan Teknik. (dok : Cantika)

tersebut sengaja disiapkan dengan tujuan untuk dipergunakan sebagai kendaraan operasional para Pandu Desa Hastawangi Kecamatan Sariwangi disana. Inisiatif tersebut diprakarsai oleh Bapak Wawan Sutisna selaku Kepala Desa Jayaputra sekaligus Ketua APDESI Kecamatan Sariwangi.

“Kami Pemerintah Desa Jayaputra sangat antusias dengan kegiatan ini, kami mendukung aktivitas Pandu Desa selama disana (Desa Mandalamekar-red). Kendaraan ini difungsikan  untuk menggunakan Kendaraan Dinas Operasional Desa Jayaputra untuk dipergunakan disana sebagai kendaraan operasional para Pandu Desa untuk mempermudah kegiatan mereka” begitu ungkap Bapak Wawan Sutisna saat saat ditemui di Aula Kantor Kepala Desa Jayaputra 2 (dua) hari sebelum keberangkatan. “Kami khawatir mereka sakit dengan cuaca seperti sekarang ini (hujan-red), dapat menghambat aktivitas mereka (Pandu Desa Hastawangi-Red) setidaknya pulang/pergi mereka terlindung jika hujan turun. Dan untuk aktivitas di Kantor Kami (Desa Jayaputra-red) kami bisa menggunakan motor dians atau kendaraan pribadi Kami untuk membantu masyarakat yang membutuhkan seperti ke Rumah Sakit atau kegiatan lainnya” tambah-Nya. Kendaraan Opersional Desa Jayaputra tersebut memang sangat membantu para Pandu Desa Hastawangi sebagai kendaraan operasional apalagi saat malam hari setelah Coaching Clinic yang biasanya selesai sampai pukul 23.00 WIB.

Pandu Desa Hastawangi mengalami kendala bocor ban ditengah jalan,  namun tak menyurutkan semangat mereka. (dok : Sri Suci)

“Kami (Pandu Desa Hastawangi-red) sangat berterima kasih sekali kepada Kepala Desa Jayaputra Bapak Wawan Sutisna yang telah memfasilitasi Kami saat disana, juga Kepala Desa yang lainnya yang mengantar Kami kesana” Ujar Guruh Yudha salah satu Pandu Desa Hastawangi. “Walau ada sedikit kendala yakni ban mobil yang Kami tu

mpangi mengalami kebocoran ban dan cuaca sedikit hujan, itu tak menghalangi semangat kami” ungkap lelaki berbadan gempal tersebut.

kesana terbilang cukup dekat namun karena jalan licin dan sedikit bergelombang membutuhkan konsentrasi berlebih namun tidak membuat para Pandu Desa Hastawangi terlambat tiba tujuan. 3 (tiga) Kendaraan Operasional Desa yang lainnya yang mengantar Pandu Desa ke tempat Bimbingan Teknik Pengelolaan Sistem Informasi Desa se-Kabupaten Tasikmalaya yakni Kendaraan Operasional Desa Selawangi, Desa Sirnasari dan Desa Sukamulih.

               Pandu Desa HASTAWANGI ( Dok.Agus Koharudin )

Sesampainya di Desa Mandalamekar para Pandu Desa Hastawangi menyantap sarapan pagi yang disediakan Panitia dan selanjutnya mengikuti materi yang diberikan para Mentor. Seusai materi sekitar pukul 17.30 selanjutnya para Pandu Desa kembali kerumah-rumah warga yang disiapkan panitia untuk beristirahat atau pun berdiskusi dengan Pandu Desa Kecamatan lainnya. Selain itu dengan ditempatkannya para Pandu Desa di rumah-rumah warga bertujuan untuk bersosialisasi dan bersilaturrahmi dengan warga sekitar.

Memang kegiatan Bimbingan Teknis ini sangat luar biasa dan sangat berbeda dengan Bimbingan Teknik yang lain yang menepatkan pesertanya di Wisma, Hotel atau tempat lainnya. Banyak kesan tersendiri yang didapat para Pandu Desa atas kegiatan selama ini, selain mendapat pengetahuan juga mendapatkan keluarga baru baik para mentor, para Pandu Desa lainnya yang bukan satu Kecamatan juga warga sekitar dimana kegiatan tersebut dilaksanakan. Kesan-kesan tersebut takkan pernah luntur walau hujan menguyur, takkan pernah lepas walau dalam cuaca panas, dan tetap diingat walau badan tersengat. Salam Pandu Desa, Merdesa. (gyamphkanp).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan