UAS Ganjil TKQ/TPQ/MDT TP 2018 – 2019

Seiring dengan perkembangan zaman tidak sedikit ahklak generasi muda saat ini kurang di siplin akibat maraknya pergaulan bebas,untuk itu para orang tua harus lebih membimbing anak-anak nya karena peran orang tua sangat penting bagi perkembangan ahklak dan moral putra-putrinya. Tidak hanya orang tua,lingkungan dan pendidikan pun berpengaruh.

Salah satunya yaitu pendidikan keagamaan, peranan Pendidikan keagamaan seperti TKQ/TPQ/MDT juga tak kalah pentingnya terutama bagi putra-putri kita sebagai Generasi islami. Yang mana materi pokok dari pendidikan TKQ/TPQ sendiri adalah mempelajari dasar-dasar Baca, Tulis dan Tahfizh AL-Qur’an,sedangkan Madrasah Diniyah ditambah dengan materi keagamaan lainnya, seperti Hadist, Ahklaq, Fiqih, Tarikh Islam, Bahasa Arab, Praktek Ibadah, Tahfizh, Kitab Kuning, dll.

Saat ini seluruh lembaga TKQ/TPQ/MDT se-Kabupaten Tasikmalaya yang berada dibawah Naungan IPTKQ YPM-NU dan FKDT Kab-Tasikmalaya sedang melaksanakan Ulangan Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018-2019, tak kecuali yang berada di wilayah Desa Jayaputra Kecamatan Sariwangi tempatnya di Madrasah Miftahul Khoer.

Secara umum tujuan pelaksanaan Ulangan Akhir Semester ini untuk mengevaluasi belajar siswa selama kurun waktu 6 bulan / 1 semester.

Adapun materi Ulangan Akhir Semester TKQ/TPQ meliputi:

  1. Hafalan Bacaan Sholat
  2. Hafalan Surat-Surat Pendek
  3. Hafalan Do’a Sehari-hari
  4. Hafalan Ayat Pilihan
  5. Praktek Ibadah
  6. Tahsinul Kitabah
  7. Mewarnai ( huruf hijaiyah, asmaul husna, kalighrafi).
                   Kegiatan Uas Hafalan

Tujuan diadakan UAS hafalan-hafalan yaitu agar dapat diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari dan di pergunakan setiap melakukan suatu pekerjaan. Tujuan diadakan praktek ibadah yaitu supaya selalu ditanamkan saat beribadah misalnya dalam niat dilakukan saat itu, jadi motivasi ( jauh-jauh hari sudah disiapkan), jadi kesadaran(semakin hebat persiapan dan pengalaman nilai).

        Materi untuk Tahsinul Kitabah tingkat TKQ diantaranya:

  1. Mewarnai penulisan huruf tunggal
  2. Mewarnai penulisan huruf sambung
  3. mencontoh penulisan angka arab sampai 40
  4. Mencontoh cara penulisan huruf tunggal
  5. mewarnai kaligrafi sederhana
  6. mewarnai penulisan huruf tungga
  7. mmewarnai penulisan huruf sambung
  8. mencontoh penulisan angka arab sampai 41-80.

Materi untuk Tahsinul Kitabah tingkat TPQ:

  1. Mencontoh cara menulis huruf tunggal
  2. Menulis angka arab 1-100
  3. mencontoh cara penulisan huruf sambung
  4. Menyambung huruf hijaiyah
  5. Menyalin kalimat alquran
  6. Menyalin hadis
  7. menulis asmaul husna
  8. Menyalin kalimat alquran
  9. Menyalin hadis dan mahfudhat.
                   Kegiatan UAS Mewarnai

Tujuan diadakan Ulangan Akhir Semester mewarnai bagi TKQ/TPQ adalah untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, sebagai  media berkekspresi, mengenal perbedaan warna, mengenal garis batas, mempermudah penghafalan huruf, dan mewarnai melatih anak membuat target. Disini akan terpupuk rasa tanggung jawab anak dengan pekerjaan yang diterimanya sekaligus memupuk kepercayaan diri si kecil bahwa ia dapat menyelesaikan tugas yang sedang di embannya.

 

“Semoga kelak putra-putri kita menjadi Generasi yang Sholih/Sholihah” tutur Andriyana Abadi selaku Perangkat Desa Jayaputra yang juga sebagai Sekretaris KKDT kec.Sariwangi dan IPTKQ YPM-NU Kab.Tasikmalaya.

( Sri Suci Anggraeni )

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan