Dari Limbah Menjadi Rupiah

JAYAPUTRA (7/12/2018) – Kang Heri atau bernama lengkap Heri Safari adalah sosok pria kreatif dari kampung cibatu yang keseharian nya adalah seorang  karyawan di salah satu meubeul yang berada di kampung Cibatu Desa Jayaputra Kec Sariwangi,

Dibalik kesehariannya sebagai karyawan mebeul kang heri juga  adalah seorang sosok kreatif yang mampu membuat berbagai macam – macam hal unik dari bahan bahan bekas atau limbah yang tak sudah terpakai.

serpihan kaca yang biasanya dihindari orang karena tajam, justru menjadi produk bernilai jual di tangan Kang heri. Gabungan dari serpihan kaca diracik menjadi kotak tisu, cermin, vas bunga, aquarium ikan cupang, Hingga miniatur seperti bentuk perahu kecil.

Miniatur Perahu Dari Limbah Kaca

Menurut dia, bisnis daur ulang limbah kaca ini telah menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan, yang tidak butuh modal besar. “Modalnya cukup keberanian untuk memulai dan kreativitas untuk menciptakan karya seni. Serpihan kaca limbah ini dapat dikreasikan dan dipadukan dengan berbagai pola tertentu menjadi berbagai karya seni yang indah dan bernilai ekonomi tinggi,” katanya.

Dia mengatakan, limbah kaca diambilnya mebeul di tempat kerja nya, Kemudian, dia potong-potong untuk membentuk suatu pola karya seni yang indah. “Potongan-potongan kaca kecil-kecil tersebut dirangkai sesuai pola dan gambar yang kita inginkan, dengan menggunakan lem,” katanya

Dia mengatakan, usaha yang dirintisnya sejak 6 Bulan terakhir ini terus mengalami permintaan Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 10.000 hinggaRatusan ribu  rupiah tergantung ukuran dan tingkat kesulitan.

“Dalam proses pembuatannya memang dibutuhkan konsentrasi dan ketelitian sendiri. Untuk menyelesaikan satu buah karya biasanya membutuhkan waktu minimal tiga hari. Dengan dibantu istri, setiap bulan rata-rata ada 15 karya yang mampu dipasarkan,” katanya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan