Pembinaan Administrasi Desa Semester II

JAYAPUTRA (12/12/2018) – Dalam Rangka tertib Administrasi Desa, Pemerintah Kecamatan Sariwangi Pada tahun Angaran 2018 melaksanakan kegiatan pembinaan administrasi desa. cara ini diselengarakan pada tanggal 10 – 14 April 2018 diikuti terdiri dari Kepala desa, Sekretaris Desa Kepala Seksi Pemerintahan Desa, Bendahara Desa dan Unsur BPD se Kecamatan Sariwangi.

                          Dokumentasi Pembinaan Administrasi Desa Semester II

     Dengan Kegiatan ini diharapkan Pemerintah Desa dapat mewujudkan tertib administrasi keuangan mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanakan, pertangungjawaban dan penata usahaan keuangan desa, evaluasi dan pelaporan. Perencanaan merupakan unsur penting sehinga kaidah dan asas-asas perencanaan serta tahapan perlu diperhatikan dengan seksama.

     Strategi Pengembangan Desa meliputi : Pemenuhan Kebutuhan Dasar, Pengembangan Sarana Desa, Pengembangan  potensi ekonomi desa, serta pemanfaatan Sumber Daya manusia dan Lingkungan Hidup berkelanjutan    menjadi prioritas utama.

     Asas – asas pengelolaan keuangan desa meliputi : Transparan artinya mudah diakses,  Akuntabel  ( dapat dipertanggungjawabkan ), Tertib dan Disiplin Anggaran, Partisipatif. Kepatuhan etrhadap aturan juga merupakan unsur penting dalam pengelolaan Keuangan Desa. Regulasi semakin ketat mengharuskan setiap rupiah harus dipertanggungjawabkan.

     Kegiatan ini juga mendatangkan beberapa nara sumber untuk memap

           Pemeriksaan Administrasi

arkan materi yang diikuti secara antusias oleh peserta. Pendokumentasian merupakan kebtuhan mendasar sehingga dengan pembekalan ini diharapkan desa semakin tertib efisien dan dapat dipertanggungjawabkan.

     Tim yang berjumlah 6 ( Enam ) orang terdiri dari Sekretaris Kecamatan (Sekmat) dan didampingi oleh para Kepala Seksi (Kasi) dan Staffnya  melakukan pembinaan di Desa Jayaputra pada hari Rabu (12/12) Siang
Menurut Camat Sariwangi Herman Dahlan menjelaskan bahwa tujuan pembinaan adalah melihat sejauh mana pengisian buku-buku administrasi desa yang ada, pengurusan surat-surat serta administrasi dan fisik yang berkaitan dengan Pembangunan di Desa pada tahun 2018.

       Pada kesempatan tersebut Tim menanyakan kepada Perangkat Desa tentang pengisian buku-buku administrasi desa yang dipegangnya antara lain Buku Adminisrasi Umum, Administrasi Pemerintahan, Administrasi Pembangunan, Administrasi Keuangan serta Buku Administrasi BPD.

     Dalam pelaksanaan pembinaan administrasi ini hadir pula seluruh Perangkat Desa Jayaputra. Kepala Desa Jayaputra.  Di akhir pembinaan Tim membuat kesimpulan/rekomendasi bahwa terhadap pengisian buku-buku administrasi desa yang sudah diisi dengan baik agar lebih ditingkatkan lagi, dan bagi buku yang belum atau sebagian terisi agar ditindalanjuti untuk dikerjakan sesuai dengan ketentuan.

        Tim mengatakan bahwa dari hasil pembinaan ini akan ditindaklanjuti dengan Laporan hasil pembinaan yang selanjutnya akan dikirimkan kembali kepada Desa sebagai catatan untuk perbaikan kedepan.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan