Pendistribusian Bantuan Pangan Non Tunai Tahap II

JAYAPUTRA (20/12/2018) – Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Warung KUBE PKH / pedagang bahan pangan yang bekerjasama dengan Bank HIMBARA. Bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu.

Proses Penggesekan KKS

Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pemenuhan kebutuhan primer bagi warga yang kurang mampu yang selama ini dilaksanakan melalui program Subsidi Rastra / Raskin. Untuk meningkatkan efektifitas terkait ketepat sasaran terhadap pelaksanaan penyaluran Rastra / Raskin maka pemerintah telah menetapkan kebijakan baru menjadi program BPNT Rastra ( Bantuan Pangan Non Tunai ).

Pada hari Kamis 20 Desember 2018 pendistribusian bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada KPM (keluarga penerima manfaat) berupa beras 9 (sembilan) kg. Para KPM atau penerima BPNT dan penerima PKH hari ini di jadwalkan untuk melakukan pencairan  mulai jam 13:00 siang sampai selesai yang mana pencairan tersebut dilkukan di Kantor Desa  di lanjutkan untuk menghemat waktu dan supaya bantuan bisa secepatnya di terima oleh KPM.

Para KPM datang dengan membawa kartu dan aparatur Desa ikut serta membantu pencairan diantaranya Kasi Pemerintahan ( DEDE SUHENDI )  sebagai bagian dari pelaksana kegiatan dengan di temani agen dari BRI bahkan Bukan itu saja pencairan juga langsung di damping oleh Kepala Desa (WAWAN SUTISNA), TKSK (Ahmad Taufik) ,Petugas e-warung (Rahmansyah) karena untuk terwujudnya pencairan bisa terlaksana dengan aman dan damai. Para KPM juga alhamdulillah bisa memahami cuaca yang kurang mendukung ini, Mendung namun tetap semangat antri dengan baik dan bisa bekerjasama dengan para petugas. Kartu ini merupakan salah satu bukti sebagai KPM resmi dan syarat untuk melakukan pencairan. karena dalam tata cara pencairan BPNT adalah sebagai berikut :

  1. KPM menujukan kartu tersebut ke petugas,
  2. Setelah petugas memeriksa atau mengecek kartu tersebut menggunakan mesin edisi kemudian petugas memberikan struk atau resi,

    Kartu Keluarga Sejahtera

Selanjutnya KPM memberikan resinya ke petugas untuk di tukarkan atau di cairkan dengan beras 9 (Sembilan)

Proses pencairan BPNT dan PKH di Desa Jayaputra dengan melibatkan semua Aparatur Desa untuk membantu proses pencairan yang Alhamdulillah bisa terlaksana dengan lancar. Sebagian KPM yang belum paham cara pencairan BPNT dan PKH pun merasa tenang karena di bimbing oleh petugas dan Aparatur Desa bagaimana cara pencairan tersebut.karena pada dasarnya desa ingin membimbing sekaligus menciptakan masyarakat yang sejahtera.   Proses penerimaan bantuan berupa beras tersebut di berikan langsung kepada KPM dengan tujuan supaya tidak ada kecurangan atau pemalsuan data. karena desa Jayaputra ingin menciptakan warga masyarakat yang jujur, aman, dan sejahtera. Terutama ingin menciptakan kondisi dimana pemerintahan desa dan masyarakat saling support dan saling memahami akan indahnya kerja sama. Tujuan program BPNT diantaranya :

  • Mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan,
  • Memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM ,
  • Meningkatkan ketepatan sasaran dan waktu penerimaan Bantuan Pangan bagi KPM,
  • Memberikan lebih banyak pilihan dan kendali kepada KPM dalam memenuhi kebutuhan pangan,
  • Mendorong pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Harapan terlaksananya  Bantuan BPNT dan PKH ini Semoga  akan lebih terpenuhi Kebutuhan dasarnya dan pemerintah hadir dengan program yang langsung menyentuh masyarakat, baik melalui program PKH, rastra atau BPNT, bisa terlaksananya masyarakat sejahtera dan masyarakat yang kurang mampu dengan mendapat bantuan program ini dirasakan manfaatnya karena KPM merasa terbantu dengan adanya BPNT ini.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan